5 Jajanan Tradisional Jakarta yang Wajib Dicoba


Jajanan tradisional Jakarta memang tak pernah kehilangan pesonanya. Rasanya yang autentik dan cita rasa yang khas membuatnya selalu menjadi favorit banyak orang. Nah, kali ini kita akan membahas 5 jajanan tradisional Jakarta yang wajib dicoba.

Pertama, ketoprak. Siapa yang tak kenal dengan jajanan yang satu ini? Ketoprak adalah makanan khas Betawi yang terdiri dari tahu, tauge, bihun, dan kerupuk disiram dengan bumbu kacang yang gurih. Menurut pakar kuliner, Chef William Wongso, ketoprak adalah salah satu jajanan tradisional Jakarta yang patut dicoba karena memiliki cita rasa yang unik.

Kedua, kerak telor. Jajanan khas Jakarta yang satu ini memang tak bisa dilewatkan. Kerak telor terbuat dari campuran beras ketan, telur ayam, dan kelapa parut yang dibakar hingga matang. Menurut sejarawan kuliner, Bondan Winarno, kerak telor merupakan warisan kuliner yang harus dilestarikan.

Ketiga, es selendang mayang. Minuman segar yang terbuat dari santan, gula merah, agar-agar, dan es serut ini memang cocok untuk menghilangkan dahaga di tengah teriknya cuaca Jakarta. Menurut peneliti kuliner, Sandra Dewi, es selendang mayang adalah minuman tradisional Jakarta yang wajib dicoba karena kesegarannya yang tiada duanya.

Keempat, bir pletok. Minuman khas Jakarta yang satu ini memang tak biasa. Bir pletok terbuat dari campuran jahe, gula aren, dan rempah-rempah yang disajikan hangat. Menurut ahli minuman, Ivan Effendi, bir pletok merupakan minuman warisan nenek moyang yang harus dijaga kelestariannya.

Terakhir, kue ape. Jajanan khas Jakarta yang satu ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan gula merah yang dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Menurut blogger kuliner, Dapur Mekar, kue ape adalah salah satu jajanan tradisional Jakarta yang patut dicoba karena teksturnya yang lembut dan manisnya yang pas.

Nah, itu dia 5 jajanan tradisional Jakarta yang wajib dicoba. Jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi kelezatan jajanan-jajanan khas ibu kota ini ya!

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa